Sahabat Tagana Bantu Amankan Acara Petik Laut di Puger

JEMBER - Kabarselatan.com Puger Kulon, 22 Juli 2024 - Tradisi tahunan larung sesaji di Desa Puger Kulon kembali digelar dengan khidmat dan penuh semangat, Acara yang merupakan bagian dari ritual adat masyarakat setempat ini berlangsung lancar berkat kerjasama berbagai pihak, termasuk anggota Sahabat Tagana yang turut serta dalam pengamanan.

Sejak pagi, masyarakat Desa Puger Kulon sudah mulai berdatangan ke pantai untuk menyaksikan prosesi larung sesaji. Berbagai sesaji berupa hasil bumi dan laut dipersiapkan dengan teliti oleh warga desa. Sesaji-sesaji tersebut kemudian diarak menuju pantai untuk selanjutnya dilarung ke tengah laut sebagai simbol penghormatan dan permohonan keselamatan serta kesejahteraan.

Anggota Sahabat Tagana (Taruna Siaga Bencana) Puger dari desa setempat turut mengambil peran penting dalam acara ini. Mereka bertugas untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama prosesi berlangsung. Dengan penuh dedikasi, mereka membantu mengarahkan masyarakat yang hadir, menjaga kelancaran arus lalu lintas, serta siap siaga untuk memberikan pertolangan jika diperlukan.

"Kami merasa bangga dapat berkontribusi dalam acara penting ini. Selain menjaga tradisi, kehadiran kami di sini juga untuk memastikan agar kegiatan berjalan dengan aman dan lancar," ujar Fatkhul hadi, salah satu Korcam Sahabat Tagana puger yang yang berada Dilokasi.

Camat Puger, Subagiyo SP, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam acara ini, khususnya kepada Sahabat Tagana yang selalu sigap dalam berbagai situasi.

"Terima kasih kepada seluruh warga, para sesepuh adat, dan khususnya Sahabat Tagana yang telah bekerja keras untuk kelancaran acara larung sesaji kali ini. Semoga tradisi ini terus terjaga dan membawa berkah bagi kita semua," kata Subagio SP.

Dengan berakhirnya prosesi larung sesaji, masyarakat Desa Puger Kulon berharap agar ritual ini senantiasa memberikan perlindungan dan kesejahteraan bagi mereka, serta memperkuat rasa kebersamaan dan gotong royong dalam komunitas.(Him)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال