Tradisi Petik Laut di Puger Wetan, Hasil Laut Melimpah dan Penuh Berkah

JEMBER - Kabarselatan.com Acara Selamatan Desa dan Petik Laut di Desa Puger Wetan yang bertema "Hasil Laut Melimpah Penuh Barokah" diadakan pada Rabu, 24 Juli 2024. Ini adalah agenda tahunan yang diselenggarakan oleh nelayan Puger Wetan dan menjadi momen penting bagi masyarakat setempat.

Dalam acara tersebut, hadir perwakilan dari Polres Jember, jajaran Camat, Muspika, Babinsa, Babinkamtibmas, masyarakat, dan tokoh agama. Sebelum kirap karnaval dimulai, apel pagi dilaksanakan oleh TNI, Polri, dan PolPP Kecamatan Puger, yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Puger.

Menurut Inwannullah, setelah larung sesaji selesai, berbagai macam hiburan digelar di setiap perempatan jalan, termasuk pagelaran Wayang Kulit, Jaranan, campur sari, elektonan, dan lomba karaoke.

Inwannullah menambahkan bahwa rute kirap karnaval sepanjang 2 kilometer mengelilingi Desa Puger Wetan. Sepanjang jalan, pelaku UMKM berjajar dengan harapan ekonomi masyarakat bergerak. Kirap dimulai dari balai desa dan berakhir di daerah Getekan, diikuti oleh 24 kontingen yang terdiri dari tingkat umum, SMP, SD, dan TK, masing-masing kontingen terdiri dari 200 orang.

Pada malam harinya, Julen didoakan oleh para kyai dan tokoh agama agar masyarakat Puger Wetan terhindar dari bala dan musibah. Kemudian pada pagi hari, Julen diarak keliling desa sebelum dinaikkan ke atas perahu dan dilarung ke laut dengan harapan hasil laut melimpah dan penuh berkah.(him)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال