7 Situs Cagar Budaya, Benteng Nippon Masih Berdiri Kokoh di Desa Cakru

JEMBER - Kabarselatan.com Giat lestarikan budaya dan peninggalan sejarah kuno yang di lakukan Pokdarwis Desa Cakru kiranya patut di apresiasi dan di contoh bagi Pokdarwis yang ada di  Kabupaten Jember.

Dalam rangka mengadakan kegiatan Festival Origami yang ditempatkan di sekitar Situs Cagar Budaya Benteng Nippon peninggalan perang Jepang yang di adakan Pokdarwis di Desa Cakru  kali ini dibuka langsung  Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto ST., IPU., ASEAN Eng.,Kamis (12/09/2024).

Hal yang menarik dari kegiatan tersebut adalah sebelum membuka kegiatan Festival Origami, Bupati Hendy mengunjungi 7 situs Cagar Budaya Benteng Nippon yang semuanya ada di sekitar Desa Cakru .

Sedangkan dari ke 7 peninggalan Jepang itu diantaranya terdiri dari Benteng Office, Struktur Luweng, Pos Jaga Single, Pos Pantau Letter, Pos Jaga Double, Gedhung Pendhem Pos Pantau Laut Pillbox.

Dalam sambutanya Bupati Jember mengatakan"situs budaya seperti ini harus dijaga dan dirawat bersama-sama. agar nantinya penerus-penerus kita dapat mengetahui sejarah yang ada khususnya di Desa Cakru ini" ujar Bupati.

Dari pengakuan orang nomor satu di Kabupaten Jember tersebut ,Bupati dan rombongan  melakukan sholat subuh berjamaah di salah satu masjid di Desa Cakru bersama masyarakat dan tokoh masyarakat dan tokoh agama di Kecamatan Kencong.

Di tempat yang sama dalam kesempatan tersebut Kepala Desa Cakru Heny Indariyani di hadapan ratusan masyarakat dan para anak didik di unit pendidikan yang ada di Desa Cakru mengatakan,bahwa di era kepemimpinan dirinya sebagai Kepala Desa Cakru Bupati Jember sudah berkunjung sebanyak 7 kali 

"Saya selaku Kepala desa mengucapkan banyak terimakasih dengan banyaknya program pembangunan di berbagai bidang semoga program tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat di Desa Cakru, ungkapnya.

Dengan sering di datangi Bupati Jember itu suatu berkah tersendiri bagi masyarakat di Desa Cakru, pungkasnya.

Turut hadir selain masyarakat desa Cakru diantaranya Muspika Kencong, jajaran OPD terkait serta Sekdakab Kabupaten Jember Hadi Sasmito.(Red/Him)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال