Launching Program 'One Day One Egg' untuk Menurunkan Stunting di Kecamatan Gumukmas

Launching Program 'One Day One Egg' untuk Menurunkan Stunting di Kecamatan Gumukmas

Redaksi
Jumat, 04 Oktober 2024


JEMBER – Kabarselatan.com
Program 'One Day One Egg' resmi diluncurkan hari Kamis 3/10/2024 di Pendopo Desa Purwoasri, Kecamatan Gumukmas, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Acara ini dibuka oleh Camat Gumukmas, Nino Eka Putra, dengan dihadiri oleh puluhan masyarakat, Kasi PMKS, kader Posyandu, perangkat desa, serta warga penerima bantuan.

Dalam sambutannya, Nino Eka Putra menekankan pentingnya asupan makanan bergizi seperti telur bagi tubuh. "Kalau bisa, kita setiap hari mengonsumsi telur, karena kandungan nutrisinya sangat diperlukan oleh tubuh," ujarnya. Ia juga menjelaskan bahwa program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berupa makanan lokal berprotein tinggi akan diberikan setiap hari selama 56 hari sebagai intervensi pemulihan.

Program ini, yang dibiayai dari Dana Desa (DD), merupakan bagian dari upaya penurunan angka stunting di Kecamatan Gumukmas. Nino menegaskan bahwa seluruh desa di kecamatan ini telah menjalankan program serupa. "Program ini bertujuan untuk mencegah dan menurunkan angka stunting, serta mengurangi risiko stunting pada anak-anak di seluruh desa di Kecamatan Gumukmas," jelasnya.

Program 'One Day One Egg' bertujuan untuk memberikan konsumsi sebutir telur per hari kepada anak-anak atau balita, guna memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi mereka. Sekretaris Desa Purwoasri, Sujak, berharap bahwa program ini dapat membantu menurunkan angka stunting secara signifikan di wilayah tersebut.

Dengan peluncuran program ini, diharapkan masalah stunting di Kecamatan Gumukmas dapat teratasi, dan anak-anak dapat tumbuh dengan sehat dan terpenuhi kebutuhan nutrisinya. (Red)