Optimalisasi Pelayanan Admindukcapil Jember: Fokus Pada Pelayanan Prima dan Dekat dengan Masyarakat

Optimalisasi Pelayanan Admindukcapil Jember: Fokus Pada Pelayanan Prima dan Dekat dengan Masyarakat

Redaksi
Minggu, 13 Oktober 2024

"Foto Kadispendukcapil Jember, Isnaeni Dwi Susanti"

JEMBER - Kabarselatan.com Kantor Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil (Admindukcapil) Kabupaten Jember terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terkait dokumen kependudukan. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jember, Isnaeni Dwi Susanti, menegaskan komitmen jajarannya untuk memberikan pelayanan terbaik tanpa diskriminasi.

Alhamdulillah, mulai dari hari Senin hingga Minggu, kami selalu hadir untuk melayani masyarakat. Pelayanan kami tersedia di kantor desa, kantor Dispendukcapil, kantor kecamatan, bahkan pada hari Minggu saat Car Free Day di Alun-Alun Jember. Kami juga siap melayani permintaan khusus saat ada acara tertentu,” ujar Isnaeni Dwi Susanti dalam keterangannya pada Jumat (11/10/2024) di kantornya.

Lebih lanjut lagi, perempuan yang akrab disapa Santi itu menyampaikan bahwa mampir secara rutin turun ke sekolah-sekolah menengah atas untuk melakukan perekaman data KTP bagi pemula.

“Anak-anak yang telah berusia 17 tahun berhak mendapatkan KTP, yang penting untuk berbagai keperluan seperti Pemilu atau Pemilukada, serta untuk mengurus SIM dan membuka rekening bank,” jelasnya.

Isnaeni juga mengungkapkan, kepemilikan KTP di Jember sudah mencapai hampir 99 persen. Kendala yang tersisa, katanya, biasanya terkait dengan data ganda yang memerlukan konfirmasi dari pusat sebelum pencetakan KTP dapat dilakukan.

“Stok blanko KTP elektronik masih aman, tetapi kami prioritaskan bagi warga yang baru melakukan perekaman,” tutupnya. (Red)